UKM JQH Al-Wustha Selenggarakan Pendidikan dan Pelatihan II

Jum’at-Minggu, 4-6 Oktober 2013 UKM JQH Al-Wustha IAIN Surakarta menyelenggarakan gelaran akbar Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) II di Pondok Pesantren Al-Hikam Boyolali. Kegiatan tersebut merupakan wahana bagi para mahasiswa untuk masuk dan bergabung di UKM JQH. Adapun kegiatan yang ditawarkan tersebar ke dalam lima divisi, yaitu divisi sholawat, tilawah, kaligrafi, tahfizh, dan tafsir. Untuk tahun 2013 ini terdapat 180 mahasiswa yang mendaftar menjadi anggota JQH tersebar di lima divisi tersebut. “Untuk tahun ini sekitar 180 mahasiswa positif berangkat DIKLAT, sebenarnya lebih akan tetapi karena bebarengan dengan kegiatan UKM lain, sakit, dan acara keluarga, sebagian mengurungkan niatnya bergabung di UKM JQH”, tegas Abdul Ghofur, Ketua JQH. Akan tetapi untuk tahun 2013 ini, UKM JQH tidak mengejar kuantitas, melainkan lebih menekankan aspek kualitas dan loyalitas anggota pada setiap divisi yang ada di UKM JQH.

Kegiatan pembukaan DIKLAT dilaksanakan pada Jum’at, 4 Oktober 2013 jam 15.30 WIB di aula utama Ponpes Al-Hikam. Dalam sambutannya Ketua Panitia, Zamron Huluqi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan DIKLAT ini, terutama kepada beliau KH. Ali Muhson atas perijinan dan bantuannya dalam menyediakan segala sarana dan prasarana. Kemudian KH. Ali Muhson menyampaikan memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap para mahasiswa yang peduli dan respek terhadap pengembangan Qur’an dan seni serta kebudayaan Islam. Akhirnya dengan bacaan basmallah kegiatan DIKLAT dibuka secara resmi oleh Drs. As’adi yang mewakili Rektor dan Wakil Rektor III IAIN Surakarta yang berhalangan hadir. Bapak As’adi menyampaikan salam dari pihak rekorat dan menekankan agar DIKLAT dilaksanakan secara sungguh-sungguh sehingga mampu mewujudkan generasi muda masa depan yang beraqidah kuat, berwawasan Qur’an, dan berakhlaqul karimah, sesuai tema DIKLAT.

Setelah prosesi pembukaan, kegiatan DIKLAT dimulai jam 20.00 WIB dengan pemberian materi pertama tentang manajemen organisasi. Kemudian pagi harinya hari Sabtu dilanjutkan materi berikutnya yaitu ta’aruf UKM JQH Al-Wustha oleh ketua umum, seni dalam perspektif Islam, dan Islam rahmatan lil’alamin. Sorenya jam 15.30 WIB semua peserta berkumpul sesuai divisinya untuk mendapatkan pendalaman materi dan praktik masing-masing divisi. Para pemateri adalah mahasiswa dan dosen yang handal di bidangnya sehingga mampu memberikan bekal yang mumpuni bagi peserta. Para peserta antusias mengikuti kegiatan dengan diselingi canda tawa renyah di sela-sela materi. Malam harinya dilaksanakan Pengajian Akbar DIKLAT II UKM JQH yang digabung dengan Jama’ah pengajian rutin ibu-ibu Al-Hikam dengan mubaligh bapak Drs. Subandji, M.Ag selaku Pembina UKM JQH.

Akhirnya rangkaian kegiatan DIKLAT ditutup dengan acara Penutupan pada Minggu, 6 Oktober 2013 jam 10.00 WIB. Prosesi penutupan ditutup secara resmi dengan bacaan hamdallah oleh Ketua Umum UKM JQH Al-Wustha, Abdul Ghofur. Kemudian dilanjutkan pemberian kenang-kenangan kepada Ponpes Al-Hikam yang diwakili Ust. Muslikhun.

Gambar

GambarGambar

Iklan

Tentang UKM JQH Al-Wustha IAIN SURAKARTA

Memberdayakan ummat melalui dzikir dan sholawat!!!
Pos ini dipublikasikan di Kaligrafi, sholawat, tafsir, tahfidz, tilawah, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s