Divisi Tafsir JQH Al-Wustha Gelar Dialog Nasional Tafsir Tematik

Senin, 14 April 2014 merupakan momen berharga bagi UKM JQH Al-Wustha, pasalnya hari tersebut merupakan kali pertama JQH menggelar kegiatan berlevel nasional. Kegiatan yang digawangi oleh Divisi Tafsir tersebut bertajuk Dialog Publik Nasional Tafsir Tematik dengan tema “Damai dalam Cinta, Reinterpretasi Makna Toleransi Beragama”. Bertempat di Aula Pasca Sarjana lantai 4 IAIN Surakarta kegiatan dimulai pukul 09.15 WIB. Indra Lusiana dan Ahmad Muzaki sebagai MC membuka kegiatan, MC menggunakan 3 bahasa untuk menarik perhatian peserta yaitu Arab, Inggris, dan Indonesia. Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan hiburan berupa penampilan grup hadrah JQH dan whierling darwis, yaitu tari sufi khas dari negara Turki.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama oleh Ketua Panitia, M. Nasrul Hidayat, Nasrul menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan gelaran nasional tersebut. Sambutan kedua oleh Abdul Ghofur, Ketum JQH, Ghofur menguraikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh berbagai aksi intoleransi yang menjamur di masyarakat. Dengan kegiatan ini diharapkan paling tidak memberi gambaran kepada khalayak umum untuk saling memahami dan menghargai, “Pelangi tidak akan indah jika hanya satu warna” tegasnya. Sambutan ketiga oleh Pembina UKM JQH, Drs. Subandji, M. Ag, beliau memberikan apresiasi kegiatan tersebut dan menuturkan pengurus dan anggota JQH harus benar-benar menjadi JQH, “J= Justise, Q= Qur’ani, dan H= High Quality dalam setiap aspek” jelasnya. Sambutan terakhir oleh Rektor IAIN Surakarta, Dr. Imam Sukardi, M. Ag, beliau menyampaikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan toleransi lintas agama, “IAIN Surakarta terbuka untuk kegiatan-kegiatan serupa”, jelasnya. Kemudian secara resmi Rektor membuka kegiatan tersebut dengan membaca basmallah bersama.

Setelah kegiatan seremonial selesai dilanjutkan inti acara yang dimoderatori oleh Anas Aijudin, M. Hum (Ketua PSAP Surakarta). Adapun para narasumber yang pertama Drs. Abdullah Faishol, M. Hum yang membahas tentang konsep toleransi intern Islam. “Ketahanan sosial yang tinggi tercipta melalui toleransi dan tidak mudah diprovokasi oleh pihak lain yang punya kecenderungan negatif”, terang Pak Faishol. Narasumber kedua Dr. Mudhofir Abdullah, S. Ag, M. Pd yang menguraikan tentang konsep toleransi ekstern Islam. Bapak Mudhofir menguraikan hanya orang yang mempunyai intelektual yang berkelas yang mampu bertoleransi dengan agama yang lain. Sesungguhnya tidak ada agama yang menganjurkan kekerasan dan menganjurkan kebencian. Kebencian dan kekerasan hanya imajinasi kelompok-kelompok umat beragama yang merasa terancam oleh ideologi lain. “Tafsir yang paling benar adalah dari Tuhan, orang yang mengklaim agamanya paling benar adalah berusaha menjadi Tuhan” tegas Pak Mudhofir. Dan narasumber yang ketiga Pdt. Bambang Mulyatno, M. Si yang menguraikan tentang konsep toleransi dalam perspektif teologi kristen. Pak Bambang menjabarkan toleransi itu menghormati hak hidup agama-agama lain, menghormati hak orang lain untuk memilih agama, menghormati hak orang lain berpindah agama, dan menghormati agama-agama lain. Para pemateri dengan lugas dan berimbang membahas tema yang telah ditentukan, ratusan peserta pun antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan dialog seputar permasalahan tentang toleransi beragama. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama narasumber dan pengurus JQH dan selesai pada pukul 12.30 WIB.

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

 

 

Iklan

Tentang UKM JQH Al-Wustha IAIN SURAKARTA

Memberdayakan ummat melalui dzikir dan sholawat!!!
Pos ini dipublikasikan di islami, tafsir, Umum dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s