JQH Al-Wustha Menggelar Perhelatan Akbar Perayaan MILAD II

Surakarta (25-27/6) JQH Al-Wustha IAIN Surakarta merayakan gelaran akbar Milad II. Milad II JQH yang tepatnya jatuh pada 19 Juni 2014 terangkum dalam Semarak Generasi Qur’ani dengan tema “Mewujudkan Generasi Excellent, Berjiwa Qur’ani, dan Berakhlak Karimah”. “Melalui Milad II ini diharapkan sebagai titik tolak JQH untuk semakin maju dan dikenal masyarakat secara luas yang dibarengi dengan sumber daya manusia yang excellent di setiap divisinya”, tutur Ali Muhksin, Ketua Panitia Milad. Adapun di JQH terdapat lima divisi yaitu sholawat, tilawah, kaligrafi, tahfizh, dan tafsir. Abdul Ghofur selaku ketua umum JQH menambahkan melalui Milad II ini, para kader JQH yang berjiwa Qur’ani dan berakhlak karimah juga diharapkan mengkampanyekan tentang pentingnya membangun perdamaian, baik intern maupun ekstern umat Islam.

Perayaan Milad II JQH diisi dengan berbagai agenda dan perlombaan. Adapun perlombaan berupa MTQ, Kaligrafi, dan LKTI Se-Karesidenan Surakarta. Rangkaian Milad II JQH dimulai dengan kegiatan dzikir dan sholawat dilanjutkan doa bersama suksesi Milad (24/6) bertempat di Masjid Al-Bukhari. Pagi harinya (25/6) sekitar pukul 09.00 WIB dilaksanakan kegiatan Opening Ceremony SGQ Milad II JQH yang bertempat di Masjid Al-Bukhari yang dihadiri peserta lomba kontingen berbagai instansi, antara lain IAIN Surakarta, UNS Surakarta, UNIVET Sukoharjo, UTP Surakarta, MAN Klaten, PP. Nurul Qur’an, dan lainnya. Kegiatan pembukaan SGQ dibuka secara simbolis oleh perwakilan rektorat Bapak Drs. Madjiduddin dengan penabuhan gong sebanyak dua kali menandakan Milad II JQH. “Selamat Milad II untuk JQH, semoga semakin sukses dan lebih baik lagi”, harap Pak Majid. Kegiatan dilanjutkan sekitar pukul 10.00 WIB dengan lomba MTQ yang bertempat di Masjid Al-Bukhari dan lomba Kaligrafi yang bertempat di gazebo IAIN Surakarta. Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti jalannya lomba. Para peserta terlihat sekali sangat kompetitif dan serius dalam mengikuti perlombaan. Malamnya sekitar pukul 20.00 WIB dilaksanakan muqoddaman, yaitu pembacaan 30 juz Al-Qur’an secara bersamaan dan dilanjutkan istighosah oleh anggota, pengurus, dan jamaah secara umum.  

Kegiatan selanjutnya (26/6) adalah Launching dan Pelatihan Baca Al-Qur’an “NUN” yang merupakan karya dari Bapak Drs. Abdullah Faishol, M. Hum (Kepala Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Surakarta). Kegiatan diikuti oleh puluhan peserta yang mendaftarkan diri dan beberapa delegasi dari organisasi intra kampus. Para peserta sangat antusias mendengarkan uraian dari pemateri tentang metode baru membaca A-Qur’an tersebut. Rangkaian Milad terakhir (27/6) pukul 08.00 WIB adalah pameran kaligrafi di halaman Masjid Al-Bukhari dan presentasi 6 terbaik LKTI bertempat di Masjid Al-Bukhari. Pada siangnya bakda sholat Jum’at dilaksanakan Simakan Al-Qur’an para kader tahfizh untuk diwisuda pada malam puncak. Simakan dipimpin sekaligus sebagai saksi adalah Bapak Subandji, M. Ag selaku pembina JQH Al-Wustha.

Akhirnya rangkaian acara pun mencapai puncaknya pada pukul 19.15 WIB (27/6) para jamaah berbondong-bondong ke Gedung Graha IAIN Surakarta untuk menghadiri perhelatan akbar malam puncak SGQ Milad II JQH Al-Wustha. Para jamaah yang datang disambut dengan alunan musik sholawat perpaduan dari hadrah klasik dan musik modern. Jamaah terlihat antusias dan terlihat gerakan bibir yang mengikuti alunan sholawat yang dimainkan. Acara pun dimulai dengan Harmoni Tilawah, yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh beberapa orang dengan lagu yang berbeda. Di samping jamaah juga disajikan demonstrasi Kaligrafi. Kemudian dilanjutkan dengan wisuda tahfizh, disambung dengan Drama Musikal “Cinta Damai Dalam Perbedaan”. Drama tersebut dipersembahkan oleh teman-teman dari divisi sholawat dan tafsir yang menekankan pentingnya perbedaan sebagai sarana pemersatu, bukan pemecah belah, sehingga mampu tercipta toleransi.

Setelah sajian penampilan selesai dilanjutkan dengan penyerahan tropi, sertifikat, dan uang pembinaan peserta lomba SGQ Milad II JQH Al-Wustha oleh Rektor IAIN Surakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yaitu prakata panitia, sambutan ketum JQH, pembina, dan Rektor. “Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan di JQH, semoga bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi”, pesan Bapak Dr. Imam Sukardi, M. Ag, Rektor IAIN Surakarta. Tiba pada kegiatan inti disampaikan oleh KH. Abdullah Sa’ad (Pengasuh PP. Al-Inshof, Karanganyar) beliau menyampaikan tentang pentingnya dakwah sebagai sarana memahamkan dan mensyiarkan Islam dengan baik dan benar. “Senjata utama dakwah itu bukan wajah yang tampan,suara yang indah,ilmu yang banyak dan segudang, tapi senjata yang paling utama dan penting adalah sikap atau akhlaqul karimah, kaburo maqtan ‘indallahi an taquuluu maa laa taf’aluun” tegas KH. Sa’ad. Akhirnya rangkaian acara Milad II JQH selesai ditandai dengan pemotongsn tumpeng oleh KH. Sa’ad yang diberikan kepada Bapak Subandji selaku Pembina JQH Al-Wustha. “Hari yang melelahkan dan menggembirakan, serta menorehkan kesan yang mendalam di Milad II JQH ini, semoga tahun depan bisa lebih luar biasa lagi”, ungkap Abdul Ghofur.

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

 

Iklan

Tentang UKM JQH Al-Wustha IAIN SURAKARTA

Memberdayakan ummat melalui dzikir dan sholawat!!!
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s