Dialog Istimewa di Sebuah Senja

Di senja minggu sore yang paling aku sukai. Aku suka hari minggu sore karena hari mingguaku libur kerja, dan biasanya satu hari satu malam full waktu aku habiskan tiduran dan baca-baca buku novel di dalam kamar, sungguh kegiatan ini paling aku sukai karena bisa merefleksikan seluruh otot dan fikiran saya setelah berkecimpung di kampus.

Tiba-tiba dengan mengagetkan datang bang jhony kekamarku ” Man,,ayo tak ajak jalan-jalan” pinta jhony kepadaku.

“males ah,lg enak tiduran aku jhon”

“ayolah,,,aku ajak jalan -jalan pake mobiL grand Livina ku” rayu jhoni dengan eksprei merayu.

Tanpa berfikir panjang aku langsung meng iyakan,karena aku paling seneng kalo di ajak jalan-jalan pake mobil baru nya bang jhony ini,” emang maw muter kemana Jhon ?” tanyaku sambil mengambil handphone ku yang ada di lemari kamarku.

” biasa,,muter-muter kampus man,,,”

“oke” jawabku sambil menuju ke garasi mobil.

Diperjalanan yang syahdu, kita berdua menikmati indahnya pemandangan pohon padi yang menua yang siap dipanen, sambil menyetir jhony memandangiku ” man bayangin petani man” ungkap jhony.

“petani suruh bayangin apanya jhon,,,masak mak-mak suruh dibayangin,gak asyik kalee,,,hha” jawabku sambil menghisap rokok sampurna mild kesukaanku.

” pekok kamu itu man,,bukan itu maksudku,,bayangin man,,,10 tahun kedepan nasib para petani itu,,mereka tidak ada generasi penerus,,,bayangin kalo seluruh petani ogah pada kesawah dan ogah pada nanem padi,,kita semua modar gak bisa makan man”

dengan serius aku mendengarkan pernyataan jhony tadi, kemudian spotan aku menjawabnya ” bener juga jhon,,la terus kita harus gmana jhon ? ” tanyaku dengan nada serius.

” gini aja man,,gmana kalo kita nikahi putrinya pak tani man,,biar kita bisa belajar banyak tentang tatacara bertani” ungkap jhony .

“ah kamu itu,,terlalu idealis,,,ya gak harus nikah sama anaknya petani juga to mas-mas,,,,kalo putrinya pak taninya cantik dan imut aku tidak masalah jhon,,,hha”selorohku.

“hmmm,,,kamu itu,,,cantik terus yang di nomersatukan,,mbog sesekali kalo melihat cewek itu dilihat dari ahlaq dan budi pekertinya,,,,Kanjeng Nabi pernah bersabda man,,dalam hadistnya ada 4 kriteria wanita yang harus cari n di jadikan pendamping hidup kita ,,”

” masak jhon ? emang apa saja kriterianya ? “tanyaku sambil penasaran kepada jhony..

” ni dengerin ya,,,yang pertama kita harus lihat ketaqwaan agamanya,kalo agamanya baek insyaAllah semua baek man,,yang kedua nasab atau keturunanya, carilah cewek yang lahir dari keturunan orang baek man,lebih-lebih keturunan orang soleh,,karena buah jatuh tak jauh dari pohonya, yang ketiga Cantiknya man..carilah cewek yang cantik biar kamu betah dirumah man,,,hha,,kalo yang terahir hartanya..Tapi Kanjeng Nabi juga melarang kalo kita nyari karena cantik dan hartanya saja,karena bisa berbahaya buat kita,yang di utamakan itu ya ahlaq dan budi pekertinya man,,,gituuu”

“owww gito jhon,,,skarang aku paham jhon…ternyata kamu pinter juga ya jhon,,,baru tahu aku,,,hha”

“hmmm,,,sebenere aku tu pinter man,tapi aku tidak sombong,,,jadine aq menutupi kepinteranku dengan menunjukkan perilaku yang tawadhu’…”

” tawadhu…??? apalagi tu kata tawadhu’ jhon ” tanyaku kpd bang jhony.

” tawadhu’ itu sifat rendah diri man,,,jadi, orang yang pinter itu sebaiknya tawadhu’ agar lebih arif dan bijaksana,,kamu lihat padi tu,,makin berisi makin tertunduk,,sebaiknya kita meniru sifat padi itu man…” jhony menjelaskan.

” okelah jhon,,kamu memang sahabatku yang paling baek hati dan tidak sombong,,,hha” kataku sambil ketawa.

” yasudah ,,besok kita nyari cewek yang sudah memenuhi kriteria di atas man,,kalo dia tidak pada mau,,kita paksa sampai mau menerima cinta kita man,,hha” tawa jhony sambil menyetir.

” hha,,oke bang jhony,,,siap laksanakan ” jawabku sambil mikir,siapa kira-kira cewek yang maw sama aku.

Jhony sambil melirik ku dan berqoLa ” sabarr man,,dunia tak selebar kamarmu”

Suara kumandang adzan maghrib pun terdengar, dan kami berdua langsung meluncur menuju singgasana kami tercinta, yaitu asrama pesma Darussalam kartasura. ( Rubangi albani)

dialog1

Iklan

Tentang UKM JQH Al-Wustha IAIN SURAKARTA

Memberdayakan ummat melalui dzikir dan sholawat!!!
Pos ini dipublikasikan di islami, penasahabat, Umum dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s