Menumbuhkan Semangat Mengkaji Manuskrip dan Publikasi Ilmiah di IAIN Surakarta

Surakarta – Rektorat IAIN Surakarta mengadakan Public Lecturer dengan tema “Peningkatan Literasi Manuskrip dan Publikasi Ilmiah di IAIN Surakarta”  yang diadakan di Ruang Sidang Senat lt 1 (03/07). Pada pukul 08.30 WIB.Kegiatan ini menghadirkan kepala pusat penelitian dan pengembangan kementrian agamaDr. Muhammad Zain, S.Ag,M.Agdan dosen hukum Islam UIN MataramDr. Moh.Abdun Nasir.M,Ag.Acara tersebut di hadiri oleh para dosen dan perwakilan dari mahasiswa IAIN Surakarta. Acara dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Surakarta  beliau  berpesan agar setelah acara ini, semangat para dosen dan mahasiswa mengkaji manuskrip dan publikasi ilmiah semakin meningkat “ Diadakan public lecturer ini, ibarat membuka kembali sebuah benda yang sudah berdebu dengan cara yang berbeda, yang dapat menumbuhkan vulkanisme para dosen dan mahasiswa dalam mengkajinya” ujar beliau.

Selanjutnya,acara ini di pandu oleh moderator Dr. Islah Gusmian M.Ag. Beliau menyampaikan “Dalam forum ini kita mengubah sebuah manuskrip yang terlihat sangat tidak menarik, menjadi sesuatu yang “wah” dan kita dapat mengambil sebuah pelajaran atau khazanah keilmuan di masa lampau.Materi yang pertama di sampaikan olehDr. Muhammad Zain, S.Ag,M.Agbeliau menegaskan “ manuskrip tidak hanya intelektual semata akan tetapi manuskrip juga bisa disebut sebagai silaturrahmi intelektual dengan generasi selanjutnya, misalnya untuk memajukan suatu bangsa 200 tahun mendatang, kita perlu mempelajari bagaimana sejarah bangsa 200 tahun sebelumnya”

Pada materi selanjutnya di sampaikan oleh Dr. Moh.Abdun Nasir.M,Ag. Beliau menyampaikan materi  tentang publikasi ilmiah banyak hal yang beliau sampaikan, salah satunya kiat-kiat atau tips bagaimana menulis makalah/skripsi atau karya penulisan lainnya dengan baik dan benar.“Dalam publikasi ilmiah terlebih dahulu seseorang banyak membaca agar menghasilkan penulisan atau karya yang minim plagiasi, menulis bukan suatu kelebihan tersendiri seseorang, akan tetapi menulis itu perlu latihan agar memiliki keteraturan dan menghasilkan karya yang baik, ibarat sebuah bibit pohon perlu di  pupuk agar tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang baik pula.’’Tegas beliau.Antusias peserta begitu besar terlihat dari berbagai pertanyaan yang muncul baik dari dosen maupun mahasiswa IAIN Surakarta. Acara berakhir pada pukul 12.00 WIB. (AI)UntitledUntitled1

Iklan

Tentang UKM JQH Al-Wustha IAIN SURAKARTA

Memberdayakan ummat melalui dzikir dan sholawat!!!
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s