Oleh :

Roihan Edy Setyawan

(Anggota UKM JQH Al-Wustha)


Dijelaskan dalam kitab bidayatul mujtahid bab zakat fitri fashol 3 yang menjelaskan tentang barang yang diwajibkan untuk zakat fitrah yaitu ada dari beberapa pendapat ulama sebagai berikut :

Sebagian Ulama berpendapat bahwa zakat fitrah itu berupa burr (sejenis gandum bermutu baik/ gandum putih), kurma, syaโ€™ir (sejenis gandum biasa atau gandum merah), kismis (anggur kering), atau keju, yang mana saja boleh ia keluarkan

Sebagian ulama lain berpendapat bahwa zakat fitrah berupa makanan pokok daerah setempat atau makanan pokok mukallaf jika tidak mampu dengan makanan pokok daerah setempat. Demikian yang dituturkan oleh Abdul Wahab dari Madzhabnya.

Adapun untuk kadarnya semua ulama sepakat bahwa zakat fitrah tidak boleh kurang dari satu shaโ€™ baik kurma atau gandum dan sebagainya

Di Indonesia sendiri seperti yang terdapat pada surat edaran bersama PW LBM NU Jawa Timur dan PW LAZISNU Jawa Timur menjelaskan pedoman dan kadar zakat fitrah yang bisa dilaksanakan di negara kita Indonesia ini, adapun surat edaran tersebut ada pada lampiran halaman berikut.

Memang pada dasarnya zakat menggunakan makanan pokok disuatu Negara, Namun di Indonesia sendiri zakat biasanya dilakukan juga dalam bentuk uang rupiah yang dikeluarkan oleh seorang muzaki.

seperti yang dijelaskan pada tanya jawab bersama ustadz Agus Arif Ridwan Akbar dalam Serambi Lirboyo bahwa zakat dengan uang itu hukumnya diperbolehkan yang menganut pada madzhab Hanafiyah, karna sesungguhnya hikmah dari berzakat itu ialah :

ุฃูุบู’ู†ูŽุงุกู ุงู’ู„ููู‚ูŽุฑูŽุงุกู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฆูŽู„ูŽุฉู ูููŠู’ ู…ูุซู’ู„ู ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงูŽูŠู’ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุนููŠู’ุฏู ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุชูู‡ู

Artinya memberi kecukupan pada mereka (orang yang membutuhkan) agar tidak meminta-minta saat hari raya dan malam harinya. Cukup memberi qimah (ู‚ููŠู’ู…ูŽุฉู’) atau nilai nominal yang bisa diartikan tidak harus dengan uang, melainkan apapun yang penting seharga dengan makanan pokok harga tersebut atau quutil balad yang tergantung kebutuhan.

Misalkan kebutuhan saat pandemic Covid-19 ini adalah obat, buah-buahan, dan lainnya yang penting senilai dengan harga zakat 1 shaโ€™ beras atau makanan pokok barang zakat yang ditentukan dasarnya.

ูˆูŽูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ูู…ู’ ุงูŽู†ู’ ูŠูุนู’ุทูŽู‰ ุนูŽู†ู’ ุฌูŽู…ููŠู’ุนู ุฐูŽุงู„ููƒูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠู’ู…ูŽุฉู ุงู„ุฏู‘ูŽุฑูŽุงู‡ูู…ูŽ ุงูŽูˆู’ ุฏูŽู†ูŽุงู†ูุฑูŽุง ุงูŽูˆู’ ููู„ููˆู’ุณู‹ุง ุงูŽูˆู’ ุนูุฑููˆู’ุถู‹ุง ุงูŽูˆู’ ู…ูŽุณูŽุงุกู‹ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุงุฌูุจูŽ ููู‰ ุงู„ู’ุญูŽู‚ููŠู’ู‚ูŽุฉู ุงูุบู’ู†ูŽุงุกู ุงู„ู’ููŽู‚ููŠู’ุฑู

Diperbolehkan bagi mereka (orang madzhab hanafiy) untuk memberikan seluruh dari barang zakat yang telah disebut dengan memberi qimah atau nilai dirham, dinar, atau uang, atau harta benda yang bernilai atau bebas (terserah) karena pada hakikatnya (zakat) adalah memberi kecukupan pada orang fakir yang membutuhkan.

Diperbolehkan hukumnya orang yang bermadzhab syafiโ€™i berzakat dengan memberikan qimah yang senilai dengan kategori bahan zakat 1 shaโ€™ (zakat degan madzhab hanafiy) walaupun sholatnya dengan tata cara mazhab syafiโ€™I, karena sudah berbeda konteks ibadahnya antara sholat dengan pelaksanaan zakat.

Pelakanaan zakat ditengah pandemic covid ini bisa dilakukan dengan cara mentransfer uang yang dizakatkan kepada lembaga Amil zakat seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Lazisnu dan sebagainya lewat transfer berbagai bank yang ada di Indonesia.

Sebagai Contoh dilansir dari Tribunnews bahwa nomor rekening tujuan pembayaran zakat yang tersedia sebagai berikut :
BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) : 0504 0100 0239 300
Dompet Dhuafa : 0382 0100 0013 306
Yayasan Baitul Mal (YBM) : 0206 0100 2801 301 atau 0206 0100 5680 306
Rumah Zakat : 1141.01.000127.30.4 atas nama Yayasan Rumah Zakat.

Karna unsur yang terpenting dalam zakat adalah pemberi zakat, harta zakat, dan penerima zakat tanpa harus adanya ijab qabul maka pelaksanaan zakat tetaplah sah karna zakat berbeda dengan wakaf, akad jual beli, hutang piutang, gadai, dan sejenisnya.

Seseorang yang menyalurkan dana zakatnya via online ke lembaga amil zakat idealnya disertai dengan konfirmasi zakat secara tertulis yang merupakan salah satu bentuk penyertaan zakat. Konfirmasi zakat atau transfer ke rekening zakat secara khusus nantinya akan memudahkan amil dalam mendistribusikan harta zakat kepada orang-orang yang berhak.

Sekertaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niโ€™am menghimbau para badan amil zakat untuk memfasilitasi pembayaran secara online agar mencegah terjadinya kerumunan orang dan berpotensi penyebaran Covid-19.

Pembayaran tidak harus bertemu fisik, para pembayar zakat harus mengenal lembaga penyalurnya, serta adil dalam membagikannya. Pembayaran zakat fitrah biasanya dikeluarkan dengan nilai setara 3,5 liter beras atau 2,75 kilogram makanan pokok yang dalam zakat fitrah online dikonversikan menjadi sebesar uang rupiah yang harus dibayarkan.

Pendistribusian zakat juga dibolehkan untuk masyarakat yang terdampak covid-19 seperti dalam bentuk penyaluran modal kerja, bahan makanan pokok, keperluan pengobatan, atau hal lain yang dibutuhkan oleh mustahiq.

Semoga kita semua dapat dihindarkan dari segala wabah yang mengganggu aktifitas normal sehari-hari dan diharapkan bisa kembali normal keadaan seperti biasanya.

Pentingnya mengeluarkan zakat fitrah pada bulan suci ramadhan ini harus disadari oleh kaum muslimin karena dapat mensucikan diri dan jiwa, mensucikan harta benda agar lebih berkah, sebagai penyempurna dari ibadah yang dilakukan selama bulan suci ini, dan masih banyak lagi hikmah yang didapat dari melaksanakan zakat fitrah megingat harta kekayaan bukan sutuhnya milik individu semata, melainkan ada hak kaum muslimin lain yang harus diberikan kepada mereka sebagai bentuk tolong-menolong atau membantu mereka yang berhak mendapatkannya.

Berikut saya cantumkan doa seputar zakat :
Doa zakat fitrah untuk diri sendiri :

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงูŽู†ู’ ุฃูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุนูŽู†ู’ ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ููŽุฑู’ุถูŽุง ู„ูู„ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œAku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karna Allah Taโ€™alaโ€

Doa zakat fitrah untuk istri :

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงูŽู†ู’ ุฃูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุนูŽู†ู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽุชููŠู’ ููŽุฑู’ุถูŽุง ู„ูู„ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œAku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karna Allah Taโ€™alaโ€

Doa zakat fitrah untuk anak laki-laki :

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงูŽู†ู’ ุฃูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุนูŽู†ู’ ูˆูŽู„ูŽุฏููŠู’…. ููŽุฑู’ุถูŽุง ู„ูู„ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œAku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-laki kuโ€ฆ (sebut nama) fardhu karna Allah Taโ€™alaโ€ Penggunaan lafadz ุจูู†ู’ุชููŠ (binti) untuk penyebutan anak perempuan

Doa zakat fitrah untuk diri sendiri dan seluruh keluarga :

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงูŽู†ู’ ุฃูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุนูŽู†ู’ ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุฌูŽู…ููŠู’ุนู ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู„ู’ุฒูŽู…ูู†ููŠ ู†ูŽููŽู‚ูŽุชูู‡ูู…ู’ ุดูŽุฑู’ุนุงู‹ ููŽุฑู’ุถูŽุง ู„ูู„ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œAku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karna Allah Taโ€™alaโ€.