Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan tahun Hijriyah yang dimuliakan dalam Islam. Dalam kalender hijriyah ada empat bulan yang termasuk bulan-bulan yang dimuliakan, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Seperti yang telah kita ketahui bahwa 1 Muharram 1443H jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021.
Di bulan Muharram ini terdapat banyak keutamaan. Sebaik-baik waktu untuk di luar bulan Ramadhan adalah bulan Muharram. Hal ini ditegaskan Nabi Muhammad melalui hadis dari Abu Hurairah r.a: β€œSebaik-baik puasasetelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim)
Amalan Sunnah di bulan Muharram salah satunya adalah dengan memperbanyak puasa sunnah, seperti puasa Asyura, Tasu’a, puasa Senin Kamis, maupun puasa Ayyamul Bidh.
Puasa Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram, keutamaannya dapat menghapus dosa satu tahun yang telah lalu seperti yang diterangkan Nabi Muhammad dalam sebuah Hadits: Nabi Salallahu β€˜alaihi wasallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah, beliau menjawab β€œpuasa Arafah akan menghapus dosa setahun lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa β€˜Asyura, beliau menjawab β€œpuasa β€˜Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)
Meski puasa β€˜Asyura dilaksanakan 10 Muharram, tapi Nabi Muhammad juga menyunahkan untuk melaksanakan puasaTasu’a, 9 Muharram. Puasa ini dikerjakan untuk menyelisihi Yahudi yang juga mengagungkan pada tanggal tersebut. Rasulullah berazam untuk menjalankannya, meskipun beliau tidak sempat menunaikan karena wafat sebelum Muharram tiba. Lalu para sahabat menjalankan puasa Tasu’a seperti keinginan Rasulullah saw.
Dalam menyambut akhir tahun dan awal tahun Hijriyah, disunnahkan untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun. Doa akhir tahun dibaca setelah shalat asar atau sebelum shalat maghrib berjamaah di masjid, sementara doa awal tahun dapat dibaca setelah shalat maghrib.
Selain amalan-amalan tersebut, disunnahkan juga untuk mengamalkan ibadah-ibadah yang lain, seperti shalat tasbih, sedekah, berbuat baik kepada anak yatim, melapangkan nafkah kepada keluarga, dan yang lainnya.

Karya : Andini Fitri Cahyani