Assalamualaikum warahmatullahi Wabarokatuh

Allah memberikan nikmat kepada kita semua dengan menjadikan waktu malam sebagai pakaian. Di malam hari semuanya gelap, tidak terlihat. Jika waktu malam hari digunakan untuk bekerja, dikhawatirkan ada sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh manusia seperti tergigit ular, kalajengking, dll. Malam hari sebagai tempat untuk menghilangkan rasa lelah dalam bekerja dan belajar. Siang hari digunakan untuk bekerja dan malam hari untuk beristirahat. Sesungguhnya gelapnya malam hari itu mengurangi kemampuan pandangan mata apabila ada peperangan/ serangan yang dilakukan oleh musuh. Sesungguhnya, kesehatan yang hakiki itu ketika malam hari digunakan untuk istirahat dengan baik. Malam hari sebagai waktu istirahat untuk menghilangkan ุงุฐูŠ ุงู„ุงููƒุงุฑ (kelelahan pikiran). Maka apabila ada seseorang yang sakit dan tidur di malam hari, dia akan menemukan rasa tenang yang besar. Kita harus memikirkan badan kita, dengan cara melakukan refreshing, istirahat yang cukup, dll. Refreshing disini setiap orang berbeda-beda. Ada yang refreshing ke sawah, tempat wisata, atau ke makam untuk mengingat kematian. Gaya Refreshing orang berbeda-beda dan kita harus menghormatinya.
Siang hari sebagai tempat mencari uang atau ekonomi dengan cara bekerja / banting tulang. Cari uang sebanyak-banyaknya dengan niat mendekatkan diri kepada Allah. Artinya, jangan sampai kita bekerja untuk urusan dunia. Bekerja agar menjadi seperti si “A” ini bukan akhlaknya Rosulullah, tapi dengan niat bekerja dan memperoleh rizki untuk membantu majelis-majelis ilmu. Allah telah membangun atau menciptakan 7 (tujuh) langit yang kuat / tebal yang tidak memiliki kerusakan walaupun telah melewati masa beberapa tahun. Allah telah menciptakan lampu yang menerangi, yaitu matahari yang menerangi anak Adam. Allah menurunkan air hujan yang deras dengan adanya awan mendung dan angin.
Diriwayatkan dari Abdullah Bin Abbas dan Abdullah bin Zubair dan Ikrimah bahwa mereka semua membacanya dengan huruf Ba’ (ุจุงู„ู…ุนุตุฑุงุช) bukan Min (ู…ู† ุงู„ู…ุนุตุฑุงุช) artinya Allah tidak hanya menciptakan awan mendung saja, tetapi juga angin yang bertugas untuk meratakan awan mendung ke seluruh dunia sehingga turunnya hujan tidak hanya pada satu daerah saja melainkan keseluruh dunia dengan dibawa angin. Hujan tersebut untuk menimbulkan tanaman makanan kekuatan seperti kedelai, gandum, dan padi dan tanaman yang tidak mempunyai ingkup / kuncup seperti tanaman rumput.
Hujan tadi juga untuk menumbuhkan perkebunan yang subur. Sesungguhnya ูŠูˆู… ุงู„ูุตู„ (hari keputusan) merupakan hari yang sudah ditetapkan waktunya, sudah ditakdirkan oleh Allah SWT sebagai tiang perkumpulan bagi para makhluk untuk memisahkan permusuhan dan menjadi waktu untuk memberikan janji Allah berupa pahala dan siksa/dosa. Di hari ditiupnya terompet dengan ู†ูุฎุฉ ุงู„ุจุนุซ (tiupan membangkitkan) atau masa dimana ditiupnya arwah ke beberapa jasad. Ketika Arwah masuk ke Jasad, maka manusia akan bangkit dari kuburan secara bergerombol/berkelompok. Setiap umat/kelompok datang beserta para pemimpinnya (imam) masing-masing sehingga sempurna perkumpulan manusianya. Tiupan pertama akan membuat semua manusia mati, kecuali ada Ajbizzunub / Tulang ekor. Tulang ekor tidak akan rusak, dan dari tulang ekor yang tidak rusak ini suatu ketika akan dibangkitkan oleh Allah SWT.
Di hari kiamat langit akan dibuka beserta adanya beberapa pintu yang akan dimasuki sesuai dengan haknya. Terbukanya langit, karna adanya malaikat yang turun dihari itu. Saat hari kiamat gunung-gunung akan berterbangan di awang-awang setelah tercabut dari tempat yang semestinya (di atas Tanah). Gunung yang berterbangan di awang-awang ini seperti fatamorgana, gunung tidak terlihat seperti bentuk asalnya melainkan sudah terpecah menjadi bagian yang kecil. Sesungguhnya neraka jahanam itu memiliki jalan. Maka Surga akan menjemput orang-orang mukmin, sedangkan Neraka Jahanam menunggu orang Kafir untuk masuk. Neraka Jahanam untuk orang-orang yang sombong kepada Allah, dan semua ini menjadi tempat kembali sesuai amal perbuatan.
Orang-orang yang masuk ke Neraka Jahanam mereka mengenakan pakaian dalam kurun waktu beberapa tahun. Orang yang ada di neraka, perputaran waktunya akan terasa lebih lama daripada orang yang ada di dunia. Ada yang mengatakan ุงู„ู ุณู†ุฉ ู…ู† ู…ุง ุชุนูˆุฏูˆู† 1 hari di Neraka itu seperti 1.000 tahun di dunia, lama sekali. Jangan sampai kita memiliki cita-cita menjadi Ahli neraka dengan berharap setelah semua dosa telah diampuni akan masuk ke Surga, karna waktu di neraka sangatlah lama. Orang yang masuk Neraka tidak akan merasakan hawa dan air dingin selama beberapa waktu/masa. Imam Akhwasy, Imam Kisai, Imam Farro’, Imam Quthrobi, Imam ‘Utbi mereka berkataberkata: “mengartikan sebagai tidur, karna memisahkan rasa haus di neraka”. Sedangkan kalau di surga tidak akan ada rasa haus dan lapar. Neraka Jahanam tidak ada minuman kecuali air yang panas sekali (ุญู…ูŠู…ุง ุงูŠ ู…ุงุก ุญุงุฑุง ุฌุฏุง) dan nanah (ุบุณุงู‚ ุงูŠ ุจุงุฑุฏุง ู…ู†ุชู†ุง) yang dingin dan bacin baunya, tidak akan ada yang kuat. Nanah dingin dan bau busuk ini dinamakan “Zamharir” (ุฒู…ู‡ุฑูŠุฑ) .
ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุงุงู„ุตู‘ูˆุงุจ
Wassalamuโ€™alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh