About Al-Wustha

A. PROFIL UKM JQH Al-Wustha

Sejarah UKM JQH Al-Wustha IAIN Surakarta

Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah Al-Qurra wa Al-Huffazh (JQH) Al-Wustha merupakan UKM baru di IAIN Surakarta. UKM ini hadir sebagai wujud keprihatinan mahasiswa karena lunturnya nilai-nilai keislaman, kebudayaan, dan kesenian yang bernuansa keislaman. UKM ini juga mengikhtiarkan mewujudkan kampus IAIN Surakarta yang qur’ani dan religius.

Bermula dari kondisi kampus yang meski sebagai kampus Islam namun masih jauh dari nilai keislaman dan kereligiusan. Maka sekumpulan mahasiswa yang peduli dengan hal ini mendirikan sebuah komunitas yang bernama HAMAS (Harakat Mahasiswa Sholawat) yang memiliki kegiatan rutin pembacaan Maulid Al-Barjanzy setiap hari Selasa malam Rabu di masjid Al-Bukhari IAIN Surakarta. Komunitas ini secara faktual diperkenankan melakukan aktivitasnya di kampus IAIN Surakarta, namun tidaklah memiliki ruang gerak yang lebih luas selayaknya organisasi mahasiswa atau UKM di tingkat institut lainnya.

Dengan perjuangan mahasiswa yang panjang yang terinspirasi dari ayat yang menyerukan untuk bershalawat kepada Nabi yaitu QS. Al-Ahzab (33): 56, β€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” Maka dengan bantuan sampel AD/ART dari UKM JQH Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga berhasilah disusun AD/ART UKM JQH Al-Wustha IAIN Surakarta pada tanggal 19 Juni 2012 di Masjid Al-Bukhari yang selanjutnya akan diajukan kepada Rektor IAIN Surakarta untuk disetujui sebagai UKM baru. Kegiatannya dimanifestasikan dalam lima divisi, yaitu Divisi Sholawat, Tilawah, Kaligrafi, Tahfizh, dan Tafsir.

Akhirnya dengan Keputusan Rektor IAIN Surakarta No. 521 tahun 2012 tentang Pengurus UKM JQH Al-Wustha IAIN Surakarta tertanggal 18 Agustus 2012 maka resmilah UKM JQH Al-Wustha sebagai ujicoba pembentukan UKM definitif selama satu tahun, dan Abdul Azis S terpilih sebagai Ketua Umum periode perdana 2012/2013. Satu tahun berlalu dengan berbagaiΒ  kesulitan dan tantangan UKM JQH berusaha menjalankan roda kepengurusannya, baik internal maupun eksternal. Kemudian pada Musyawarah Tahunan Anggota (MUSYTAN) I UKM JQH, sesuai Surat Keputusan No. 11/MUSYTAN/JQH-IAINSKA/I/VII/2013 tertanggal 13 Juli 2013 maka terpilihlah Abdul Ghofur sebagai Ketua Umum UKM JQH Al-Wustha Periode 2013/2014. Kemudian secara resmi diikuti turunnya Keputusan Rektor IAIN Surakarta No. 352 tahun 2013 tentang Pengurus UKM JQH Al-Wustha IAIN Surakarta Periode 2013/2014 tertanggal 2 Oktober 2013. Karena suatu hal prosesi pelantikan baru dilaksanakan pada Kamis, 12 Desember 2013 oleh Rektor IAIN Surakarta di aula pasca sarjana lantai 4 yang dibarengkan dengan kegiatan Seminar Generasi Qur’ani.

B. Visi dan Misi UKM JQH Al-Wustha IAIN Surakarta

Visi

Terciptanya masyarakat kampus yang religius, Qur’ani, dan berakhlaqul karimah.

Misi

  1. Membentuk kepribadian mahasiswa yang religius, berjiwa, dan berwawasan Qur’ani.
  2. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan di setiap divisi-divisi.
  3. Mengembangkan seni dan kebudayaan Islam.

C.Β Β Β  Kegiatan

Beberapa kegiatan di UKM JQH Al-Wustha antaraΒ  lain:

  1. Kegiatan rutin Majelis Dzikir dan Sholawat.
  2. Pelatihan Hadrah dan Olah Vokal (Divisi Sholawat).
  3. Peringatan hari-hari besar Islam.
  4. Pelatihan Tilawatil Qur’an (Divisi Tilawah)
  5. Kegiatan Pelatihan Divisi Kaligrafi (Pengenalan Khot, kaidah kaligrafi, dsb.)
  6. Membuat karya seni kaligrafi.
  7. Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an (Makhorijul Huruf, Tajwid Dst.)
  8. Kegiatan setoran hafalan Al-Qur’an Rutin (Divisi Tahfizh).
  9. Kegiatan Tadarus Al-Quran.
  10. Kajian Kitab Kuning, Tafsir Tematik, Tafsir Al-Qur’an (Divisi Tafsir)
  11. Pelatihan Kepenulisan keislaman.
  12. Pendelegasian lomba Hadrah, Kaligrafi, MTQ, MHQ, dan MQK.
  13. Semarak Generasi Qur’ani dengan mengadakan berbagai lomba Yakni: Lomba Festival Anak Sholeh, Lomba Hadrah Se-Solo Raya, MTQ se Jawa, MKQ se Jateng-DIY, MHQ se JAteng-DIY, MQK se Solo-Raya, dan puncaknya adlah Pengajian Akbar.

D. DAFTAR NAMA KETUA UMUM UKM JQH AL-WUSTHA
Β Β Β Β Β Β  Dari Masa ke Masa

  • Abdul Aziz S. (Periode 2012/2013).
  • Abdul Ghofur (Periode 2013/2014).
  • Zamron Huluqi (Periode 2014/2015).
  • Sanjaya Aji Mahardhika (Periode 2015/2016).
  • Wisnu Aji Pamungkas (Periode 2016/2017).
  • Alif Udiyono (Periode 2018).
  • M. Subhan Askhabi (Periode 2019)
  • S. Miftahul Abror (Periode 2020)

CONTACT

Sekretariat: Jl. Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Gd. Student Center Lantai 2.

Website: http://www.jqhalwustha.wordpress.com

E-mail: ukmjqhalwustha@gmail.com

Facebook : UKM JQHAl-Wustha

Instagram : @jqh_alwustha

Twitter : @jqh_alwustha

You Tube : UKM JQH Al-Wustha
HP: 089517072737 (Miftahul Abror)

E. FORSA UKM JQH Al-Wustha

FORSA (Forum Silaturahmi Alumni) UKM JQH Al-Wustha adalah Wadah bagi Alumni Pengurus UKM JQH Al-Wustha yang telah lulus dari IAIN Surakarta.

1. SEJARAH FORSA JQH Al-Wustha

Alumni merupakan salah satu komponen penting atauΒ stackholderΒ dalam peningkatan mutu sebuah organisasi. Peningkatan yang dimaksud adalah kemajuan organisasi yang didapatkan dari sumbang saran, kritik, dan masukan alumni terhadap beberapa aspek di organisasi yang perlu dibenahi. Selain itu ada sumbangan moral maupun materiil untuk kemajuan kegiatan yang dilakukan organisasi.

Selain berkiprah memajukan almamater organisasi, alumni juga sebagai perpanjangan tangan atau pembentuk jaringan kerja yang diharapkan dapat menciptakan ruangan kondusif di lingkungan kerja. Peran alumni akan terhenti begitu saja ketika tidak ada komunikasi yang baik antara pengurus organisasi dan alumni. Seyogyanya ada sebuah forum atau lembaga yang memfasilitasi alumni untuk saling berinteraksi dengan pengurus organisasi.

Apabila pengurus organisasi tidak turut bersinergi dengan alumni, akan terjadimissing linkΒ sejarah organisasi, maka diperlukan sebuah forum yang menjembatani antara pengurus organisasi dan alumni.

Hal di atas yang mendorong beberapa alumni JQH Al-Wustha untuk berrembug dan menggagas pendirian sebuah forum alumni untuk JQH Al-Wustha. Maka diadakan sebuah pertemuan bertajuk Konsolidasi I yang pelaksanaannya berbarengan dengan terjadinya gerhana matahari pada tanggal 9 Maret 2016 di RM. Pancingan 1000 Klaten. Dalam rapat pembahasan forum tersebut disepakati pendirian organisasi untuk wadah alumni JQH Al-wustha dinamai Forum Silaturahim Alumni (FORSA) JQH Al-Wustha.

Nama tersebut merupakan usulan dari Abdul Ghofur yang kemudian disetujui dan disepakati oleh alumni yang hadir. Adapun alumni yang hadir antara lain Rian Yulianto, Indra Lusiana R., Kholifatus Sa’diya, Nashrul Haqqi F., dan Badarudin M. Khadam. Juga dalam pertemuan tersebut dikukuhkan tanggal 9 Maret sebagai hari lahir FORSA (ForumΒ  Silaturahim Alumni) JQH Al-Wustha.

Kemudian untuk penguatan pondasi FORSA dan tindak lanjut Konsolidasi I dilakukan Konsolidasi FORSA II pada tanggal 28 Juni 2016 di Kartasura sekaligus Buka Bersama sehubungan bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan. Dalam pertemuan tersebut difokuskan penyusunan struktur organisasi FORSA dan berhasil disepakati dan diputuskan Susunan Pengurus Sementara FORSA JQH Al-Wustha IAIN Surakarta Masa Khidmat 2017-2022.

Selanjutnya keputusan tersebut difinalisasi pada Konsolidasi dan Temu Alumni III pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017 bertempat di kediaman Ali Masykur, Ponpes Ki Ageng Selo, Tulung, Klaten. Diikuti terbitnya Surat Keputusan (SK) No. 03/FORSA/X/2017 tentang Susunan Pengurus Forum Silaturahim AlumniΒ  (FORSA) JQH Al-Wustha IAIN Surakarta Masa Khidmat 2017-2022.

Dalam konsolidasi tersebut juga disepakati tentang beberapa hal berkenaan dengan eksistensi organisasi FORSA JQH Al-Wustha, yaitu meliputi sejarah, visi, misi, tujuan, ketentuan pengurus dan anggota, lambang, sumber dana, dan kesekretariatan Forum Silaturahim AlumniΒ  (FORSA) JQH Al-Wustha.

2. VISI, MISI, DAN TUJUAN


A. VISI

Menjadi forum alumni yang independen sebagai mitra JQH Al-Wustha dalam mengembangkan dan mewujudkan insan yang religius, Qur’ani, dan berakhlaqul karimah, sebagai kontribusi dalam proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berasaskan semangat kekeluargaan dan keterbukaan.


B. MISI

  1. Membina rasa persatuan, kebersamaan, dan kekeluargaan sesama alumni JQH Al-Wustha IAIN Surakarta.
  2. Memfasilitasi penyampaian aspirasi, kritik, masukan, harapan, dan saran alumni dalam rangka pengembangan JQH Al-Wustha IAIN Surakarta yang lebih baik.
  3. Mewujudkan dan meningkatkan partisipasi alumni JQH Al-Wustha IAIN Surakarta dalam usaha peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) JQH Al-Wustha.
  4. Menguatkan jaringan antar alumni di berbagai sektor.


C. TUJUAN

  1. Memberikan kritik, saran, masukan, dan solusi sebagai andil terhadap kemajuan JQH Al-Wustha IAIN Surakarta.
  2. Membangun potensi dan kompetensi dalam rangka menciptakan opini publik demi nama baik dan citra JQH Al-Wustha IAIN Surakarta.
  3. Menjadi relasi dan patner dalam memperluas jaringan organisasi.
  4. Menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi alumni baru, di samping menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang masih berproses di JQH Al-Wustha IAIN Surakarta.


3. PENGURUS DAN ANGGOTA

  1. Pengurus FORSA JQH Al-Wustha adalah alumni JQH Al-Wustha yang dipilih dalam Rapat Konsolidasi FORSA yang dianggap cakap dan mampu untuk menjalankan roda kepengurusan FORSA secara amanah, akuntabel, dan penuh tanggungjawab.
  2. Anggota FORSA JQH Al-Wustha adalah semua anggota JQH Al-Wustha yang telah selesai menyelesaikan tugas akhir dan telah diwisuda.

KETUA FORSA JQH Al-Wustha
Abdul Ghofur, M.Pd

4 respons untuk β€˜About Al-Wustha’

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Salam semangat, salam sukses selalu,salam satu hati satu jiwa satu nafas bersama Al Qur’an. Mohon maaf bila kurang berkenan…Yang kami tanyakan apakah anggotanya dari JQH Al wustha hanya alumni saja sedangkan dari lembaga pendidikan Islam/Rumah Tahfidz Qur’an Center ,yang lain tidak bisa masuk menjadi anggota.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: